Thursday, December 12, 2019

Makalah Media komunikasi


BAB  I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Dalam kehidupan manusia tidak lepas dari komunikasi  baik itu perorangan atau kelompok. Hal ini bisa di sadari atau tidak hal ini akan berjalan terul menerus selama siklus kehidupan masih berlangsung manusia takan lepas dari komunikasi
Komunikasi merupakan salah satu bidang yang harus dipenuhi. Mengingat begitu pentingnya komunikasi maka dalam pasal 28 F UUD 1945 yang diamandemen disebutkan "Setiap orang berhak untuk berkomunikasi memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia". Dengan ketentuan ini menujukkan betapa pentingnya berkomunikasi dan memperoleh informasi tentu akan mengalami hambatan dalam usahanya.
B.     Rumusan masalah
1.      Apakah yang dimaksud dengan media komunikasi ?
2.      Media apa saya yang sering di gunakan ?
3.      Apa sajakah teori komunikasi ?
C.     Tujuan
1.   Mengetahui yang dimaksud dengan media komunikasi
2.    Mengetahui pemanfaatan media dalam kehidupan sehari-hari











BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Media Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Media merupakan alat (sarana) komunikasi, perantara, atau penghubung.  Jika dilihat pula dari asal katanya, ‘Medius’ (bahasa Latin) yang berarti ‘tengah’, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media mengarah pada sebuah sarana/ alat untuk yang digunakan untuk menyajikan informasi.
Media sendiri banyak dipakai dalam berbagai bidang kehidupan manusia, terutama dalam proses pembelajaran. Media digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi, sehingga pesan yang di sampaikan pemberi informasi dapat di terima dengan baik oleh penerima informasi.
a. Pengertian Media Menurut Para Ahli
Ada banyak ahli yang mendefinisikan arti media itu sendiri, untuk membantu kita untuk  mengetahui dan mengerti mengenai apa itu media.  Pada kesempatan  kali ini Pakar Komunikasi akan menjabarkan beberapa Pengertian Media Menurut Para Ahli, sebagai berikut:
1.      Ahmad Rohani.
Media merupakan segala sesuatu yang dapat ditangkap oleh indra manusia, yang berfungsi sebagai perantaa, sarana, atau alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).
2.      Association of Education and Communication Technology (AECT). Media merupakan segala bentuk dan saluran yang digunakan penyampaian pesan dan informasi.
3.      Blake dan Horalsen. Media adalah saluran komunikasi (komunikasi yang efektif). Digunakan untuk menyampaikan pesan antara pemberi pesan (sumber) dengan penerima pesan.
4.      Briggs dan Gagne. Media adalah alat yang digunakan untuk memberikan rangsangan pada siswa, agar terjadi proses pembelajaran.
5.      Cangara. Dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2006) menyebutkan bahwa, media merupakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Dalam hal ini media yang paling mendominasi dalam berkomunikasi adalah pancaindra manusia, seperti mata dan telinga. Pesan yang diterima pancaindra kemudian diproses oleh pikiran untuk menentukan reaksi/ sikapnya, baru kemudian dinyatakan dalam tindakan.
6.      Degeng. Media merupakan komponen strategi penyampaian, bisa berupa alat bahan atau orang. Komponen ini dapat dimuati pesan yang akan disampaikan dalam pembelajaran.
7.      Gagne. Media merupakan komponen – komponen yang dapat merangsang kemauan belajar siswa. Komponen tersebut berupa komponen yang terdapat di lingkungan siswa.
b.  Pengertian Media Komunikasi
Media komunikasi adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak1 Media dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti telinga dan mata.Media juga merupakan jendela yang memungkinkan kita untuk dapat melihat lingkungan yang lebih jauh, sebagai penafsir yang membantu memahami pengalaman,Sebagai landasan penyampai informasi, Sebagai komunikasi interaktif yang meliputi opini audiens, Sebagai penanda pemberi intruksi atau petunjuk , Sebagai penyaring atau pembagi pengalaman dan fokus terhadap orang lain, cermin yang merefleksikan diri kita dan penghalang yang menutupi kebenaran. Media komunikasi juga dijelaskan sebagai sebuah sarana yang dipergunakan sebagai memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah informasi. Media komunikasi sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat. Secara sederhana, sebuah media komunikasi adalah sebuah perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang bertujuan agar efisien dalam menyebarkan informasi atau pesan. Komunikasi merupakan bentuk percakapan yang berlangsung atas dasar persamaan persepsi. Komunikasi dalam bahasa inggris communicationberasal dari kata latin communicatio dan berasal dari kata communis yang berarti sama.

B. Teori Komunikasi
1.      Teori Semiotik pesan
media sangat menarik dari sudut pandang semiotik atas campuran sebuah simbol yang diatur secara spasial dan kronologis untuk menciptakan sebuah pesan , kesan, dan penyampaian sebuah gagasan untuk memunculkan sebuah makna dari khalayak.
2.      Teori Sosiokultural pesan
media yang disampaikan untuk sosialisasi dan kulturisasi serta penempatan sebuah makna yang bisa memunculkan sebuah argumentasi dari khalayak kepada media agar dapat memberikan sebuah informasi yang berkarakter dan tidak menimbulkan SARA.
3.      Teori Sosiopsikologis
Teori yang mengabungkan antara sosial dan psikologis dari audiens yang menikmati sebuah media.Apabila status sosial dogabungkan dalam psikologis dari audiens dapat dicontohkan sebagai sebauah konten atai isi acara yang bersifat segmented/ segmentasi acara.
4.      Teori Kritis
implikasi budaya lebih luas, dalam beberapa hal teori kritis ini disebutkan bahwa banyak ideologi atau paham dari sebuah pemilik media yang seharusnya dapat dikritisi oleh khalayak agar tidak ada keberpihakan dalam penyampaian suatu informasi.[1]
C. Metafora Media
Menurut Joshua Meyrowitz media komunikasi memliki tiga metafora yang mewakili sudut pandang media, antara lain :
1.      Media sebagai Vessel
Sebuah gagasan bahwa media adalah pembawa pesan yang netral
2.      Media sebagai Bahasa
media memiliki unsur struktural dalam penyampaian informasi dan tata kalimat yang dirancang menjadi satu kesatuan yang disebut dengan bahasa.

3.      Media Sebagai Lingkungan
metafora ini dilandasi dengan gagasan bahwa hidup didalam lingkungan dengan berbagai informasi yang disebarkan dengan beragam kecepatan,ketepatan, dan kemampuan dalam melakukan interaksi.[2]
D. Fungsi Media Komunikasi
Menurut Marshall Mc Luhan ada beberapa fungsi media komunikasi yaitu sebagai berikut :
1.      Efektifitas
Media komunikasi akan mempermudah kelancaran dalam penyampaian informasi.
2.      Efisiensi
Media komunikasi akan mempercepat penyampaian dalam sebuah informasi.
3.      Konkrit[
Media komunikasi akan membantu mempercepat isi pesan yang memiliki sifat abstrak.
4.      Motivatif
media komunikasi akan lebih atraktif dan memeberikan sebuah informasi yang dapat dpertanggungjawabkan
Fungsi media Komunikasi, Menurut Burgon Dan Huffne :
1.      Efisiensi penyebaran informasi
penghematan dalam segi biaya, tenaga, pemikiran dan waktu.
2.      Memperkuat eksistensi informasi
media komunikasi yang hi-tech dapat membuat informasi ataupun pesan lebih berkesan terhadap komunikan.
3.      Menghibur
media komunikasi dapat menyenangkan dan lebih menarik bagi audiens.
4.      Kontrol Sosial
media komunikasi sebagai pengawasan dalam sebuah kebijakan sosial

E. Jenis-Jenis Media Komunikasi
Berdasarkan Fungsi Media berikut jenis-jenis media komunikasi :
1.      Fungsi produksi
media komunikasi sangat berguna agar menghasilkan sebuah informasi.
2.      Fungsi reproduksi
media komunikasi berguna untuk dapat meproduksi ulang dan mengggandakan sebuah informasi.
3.      Fungsi penyampai informasi
media komunikasi berfungsi untuk dapat mengkomunikasikan dan menyebarluaskan pesan kepada komunikan sebagai sasaran informasi.[3]
F. Karakteristik Media Komunikasi
1.      Karateristik dalam media Intra Personal
pikiran merupakan umpan balik yang diterima oleh pribadi seseorang dan hanya memutar dalam diri sendiri,arus pesan yang disampaikan adalah persepsi yang memusat, efek yang dihasilkan dalam karakteristik intrapersonal adalah sikap dan prilaku.
2.      Karateristrik Inter Personal
seluruh panca indera digunakan sebagai umpan balik dari sebuah informasi yang disampaikan, melalui kode tertulis, lisan, isyarat serta arus pesan dua arah dan mempunyai efek terhadap sikap yang tinggi dan rendah terhadap kognitif.
bersifat melembaga, satu arah, meluas dan serempak serta menggunakan peralatan teknis atau mekanis dan bersifat terbuka.
4.      Karateristik media publik
diterima oleh semua alat indera baik lisan maupun isyarat arus pesan yang disampaikan bisa satu atau dua rah banyak dan terbatas serta memiliki efek tinggi terhadap perilaku, akan tetapi rendah terhadap kognitif.[4]



G. Bentuk Media Komunikasi
1.      Media Cetak
segala jenis barang/media komunikasi yang dapat dilakukan melalui proses pencetakan dan dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan atau
informasi. Contoh : surat kabar, buku, brosur, majalan dan buletin.
2.      Media visual atau media pandang
penerimaan pesan yang tersampaikan melalui panca indera dan dapat dilihat . Contoh : gambar dan Foto.
3.      Media audio
penerimaan pesan yang tersampaikan dengan melalu indera pendengaran. Contoh: Radio dan Tape recorder.
4.      Media Audio visual aid (AVA)
media komunikasi yang dapat dilihat dan juga dapat didengar, untuk mendapatkan informasi secara bersamaan. Contoh : televisi[5]
Jangkauan Penyebaran Media Komunikasi
A. Media Komunikasi Eksternal
media komunikasi yang dapat dipergunakan untuk dapat menjalin sebuah hubungan dan menyampaikan sebuah informasi dengan pihak luar. Media komunikasi yang sering digunakan adalah :
Media cetak media komunikasi tercetak dan tertulis agar dapat menjangkau publik ekternal, seperti pemilik saham, konsumen, pelanggan dan mitra kerja[6]
1.  Media elektronik
a.       Radio adalah sebuah alat eletronik yang dihgunakan sebagai media komunikasi dan informasi. Radio dapat memberikan rangsangan terhadap pendengaran. Dengan radio seseorang bisa mendapatkan sebuah informasi dan berbagai peristiwa yang penting dan baru serta acara hiburan yang menyenangkan.pengertian radio menurut ensiklopedi indonesia adalah penyampaian pesan informasi dengan pemanfaatan gelombang elektromagnetik bebas yang memiliki frekuensi kurang dari 300 GHz (panjang gelombang lebih besar dari 1mm). Secara garis besar, radio mempunyai manfaat sebagai perjelas pesan dan informasi, mengatasi sebuah ruang dan waktu, daya indera dan juga tenaga.manfaat radio lainnya adalah menimbulkan gairah untuk belajar, informasi yang langsung didapatkan oleh komunikan menerima pesan atau decode. Dan memberikan rangsangan terhadap pengalaman yang dapat menimbulkan persepsi yang sama.[7]
b.      Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran yang menghasilkan gambar atau visualisasi. Kata televisi berasal dari kata tele yang artinya jauh dan vision yang artinya jauh, dan dapat dijelaskan bahwa televisi adalah tampak atau dapat dilihat dari jarak jauh. Sejarah singkat televisi telah mengubah sifat, cara beroperasi dan hubungan antara komunikator dan komunikan. Ruang lingkup dan sifat industri penyiaran televisi di dominasi oleh organisasi dengan produksi,distribusi, dan pengambilan keputusan yang tersentralisasi. Jaringan ini berhubungan dengan para afiliasi dengan tujuan untuk menghantarkan penonton kepada pengiklan. Afiliasi lokal membawa program jaringan untuk dapat mengosongkan waktu sebagai penukar kegiatan untuk suatu program yang disebut kompensasi dan waktu spot lokal dapat denegosiasikan dengan afiliasi dari berbagai stasiun televisi.[8]
c.       Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Internet adalah media komunikasi yang berbasis dengan teknologi informasi. Keunggulan media komunikasi internet adalah mudah,cepat,murah, dan dapat dijangkau sampai seluruh dunia. Internet adalah jaringan komputer yang terkoneksi secara global dan dapat berkomunikasi secara bebas dan dapat bertukar sebuah informasi. Pada internet semakin berkembang pada saat ini, seperti hal nya e-mail, seseorang bisa melakukan pertukaran informasi secara singkat dan lebih efisien serta mendapatkan respon yang cepat satu dengan lainnya.



B. Media Komunikasi Internal
Media komunikasi internal adalah sarana penyampaian informasi di antara publik internal yang bersifat non-komersial. Baik penerima ataupun pengirim informasi adalah orang dari publik internal. Media yang digunakan secara internal adalah:5
a.       Telephone digunakan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan secara langsung melalui suara antara komunikan dan komunikator serta hasil yang disampaikan dapat dirasakan secara langsung.[5]
b.      Surat merupakan media komunikasi internal dalam bentuk tertulis yang dilakukan oleh sender untuk memberikan informasi kepada receiver. Akan tetapi, respon yang didapati tidak secara langsung membutuhkan waktu serta biaya. Papan Pengumuman penyampaian informasi secara internal melalui papan pengumuman hanya untuk memberikan sebuah informasi dari receiver kepada publik internal
c.       House journal (Majalah Bulanan) sebagai media cetak dan tertulis. Penyampaian informasi tidak dilakukan secara langsung. Akan tetapi, seorang reporter atau pencari berita membutuhkan waktu untuk mencari sebuah informasi yang benar dan akurat,serta dapat dipercaya
d.      Printed material (Media Komunikasi dan Publikasi berupa Bahan Cetakan)sebagai media komunikasi yang dicetak seperti pamflet dan brosur hanya memberikan informasi kepada publik
e.       Media pertemuan dan Pembicaraan media pertemuan seperti diskusi ataupun rapat menjadi media komunikasi,penyampaian pesan secara internal agar kalangan tersebut bisa menyamakan dalam satu persepsi.







H. Elemen Media Komunikasi
Ilmuan media bernama Art Silverblatt mengidentifikasi ada tujuh elemen dasar sebagai media komunikasi baru, antara lain adalah :
a.       Keterampilan berpikir secara kritis untuk dapat mengembangakan penilaian independen terhadap suatu media berpikir secara kritis adalah sebuah esensi dasar.
b.      Pemahaman terhadap sebuah proses komunikasi massa, sebagai komponen dan mengetahui media dalam beroperasi
c.       Kesadaran akan dampak media terhadap invidu dan masyarakat. Kesadaran agar khalayak tidak terjebak dalam sebuah informasi yang tidak dapat dipertanggunjawabkan sebuah keaslian berita atau informasi.
d.      Strategi untuk menganalisis dan mendiskusikan pesan media. Khalayak dapat meyerap dan juga memilih sebuah media yang memberikan sebuah informasi yang akurat dan terpercaya.
e.       Sebuah kesadaran akan isi dari sebuah media atau teks yang menyediakan sebuah wawasan bagi kehidupan.
f.       Kemampuan untuk dapat menikmati, memahami dan menghargai dari isi media.
g.      Pengembangan keterampilan produksi yang efektif dan bertanggung jawab.














BAB II
PENUTUP
Kesimpulan
Komunikasi adalah sebuah interaksi atau penyampaian pesan (berupa informasi atau berita) dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi dapat dilihat dalam berbagai bentuk misalnya percakapan antara dua orang, pidato dari ketua kepada anggota rapat, berita yang dibacakan oleh penyiar dari radio atau televisi, buku cerita, koran, telepon, e-mail dan sebagainya. Dalam tiap bentuk komunikasi terdapat lima unsur dalam proses komunikasi yaitu:
1.      Adanya pengirim berita/informasi.
2.      Adanya penerima berita/informasi.
3.      Ada berita/informasi yang disampaikan.
4.      Ada media atau alat pengirim berita/informasi.
5.      Ada sistem simbol yang digunakan untuk menyatakan berita/informasi (berupa gerakan, tulisan, dan kata-kata)
Jenis Komunikasi
 
            Jika dilihat berdasarkan jalannya, komunikasi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu:
1.      Komunikasi Searah, yaitu komunikasi yang datang hanya dari satu pihak saja, sedangkan pihak yang lain hanya menjadi penerima. Misalnya, seorang reporter yang menyampaikan berita melalui media televisi
2.      Komunikasi Dua Arah, yaitu penerima dapat berubah fungsi menjadi pengirim berita, sedangkan pengirim dapat menjadi pnerima berita. Misalnya seperti dua orang teman atau lebih yang sedang membahas mengenai hobi mereka masing-masing.



DAFTAR PUSTAKA

Referensi Buku
Teori komunikasi, Theorie of Human Communication;Stephen W.Littlejohn dan Karen A.Foss;Penerbit Salemba
Pengantar Ilmu Komunikasi;Prof.Dr.H.Hafied Cangara,MSc
Ilmu Komunikasi Teori dan praktik;Prof.Drs.Onong uchana effendy, MA
Komunikasi, Politik, Media dan Demokrasi; Henry subiakto dan Rachma Ida
Pengantar Ilmu Komunikasi ; Suryanto, S.Sos, M.Si
Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ;Focal Press
The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
Teori komunikasi, Theorie of Human Communication;Stephen W.Littlejohn dan Karen A.Foss;Penerbit Salemba
Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran
Ilmu Komunikasi Teori dan praktik;Prof.Drs.Onong uchana effendy, MA
Pengantar Ilmu Komunikasi;Prof.Dr.H.Hafied Cangara,MSc
The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ;Focal Press
Pengantar Ilmu Komunikasi ; Suryanto, S.Sos, M.Si



1 Ilmu Komunikasi Teori dan praktik; Prof.Drs.Onong uchana effendy, MA

1 Ilmu Komunikasi Teori dan praktik; Prof.Drs.Onong uchana effendy, MA

[2]Teori komunikasi, Theorie of Human Communication;Stephen W.Littlejohn dan Karen A.Foss;Penerbit Salemba


[3] Pengantar Ilmu Komunikasi ; Suryanto, S.Sos, M.Si
[4] Pengantar Ilmu Komunikasi; Prof.Dr.H.Hafied Cangara, MSc
[5] Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran
[6] Komunikasi, Politik, Media dan Demokrasi; Henry subiakto dan Rachma Ida


[7] The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition; Mc-Graw-Hill, International Edition
[8] Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ; Focal Press
5 Teori komunikasi, Theorie of Human Communication;Stephen W.Littlejohn dan Karen A.Foss; Penerbit Salemba

Makalah Media komunikasi

BAB   I PENDAHULUAN A.    Latar belakang Dalam kehidupan manusia tidak lepas dari komunikasi  baik itu perorangan atau kelompok. Hal...