BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah
Semakin maju
suatu negara semakin banyak orang yang terdidik dan banyak pula orang
menganggur maka semakin dirasakan pentingnya dunia wirausaha.
Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat
membuka lapangan kerja karena
kemampuan pemerintah sangat terbatas. Pemerintah tidak akan mampu menggarap
semua aspek pembangunan karena sangat banyak membutuhkan anggaran belanja
personalia dan pengawasan.
Wirausaha (
entrepreneur) memegang peranan yang sangat pentingdalam memajukan ekonomi suatu
negara. Kemajuan ekonomi mestinya sejalan dengan kemampuan dan
peningkatan daya beli peningkatan tara; kesejahteraan hidup dan
kemakmuran bangsa yang merata dan dirasakan secara nyata bukan hanya ditunjukkan
oleh angka-angka statistik saja.
Di dalam
kewirausahaan terkandung nilai kemampuan dan proses.
Adanya nilai dan kemampuan pada diri seorang wirausahawan dapat
memunculkan suatu peluang usaha dalam kegiatan berwirausaha. Dalam makalah ini
akan membahas secara spesifik mengenai “Proses
Kewirausahaan”. Makalah tentang proses kewirausahaan ini dibuat
agar pembaca dapat mengetahui bagimana proses dan tips-tips menjadi seorang pengusaha yang sukses
serta untuk melengkapi tugas dari mata kuliah Kewirausahaan.
2.
Rumusan Masalah
A.
Langkah
apa saja dalam proses Kewirausahaan ?
B.
Tujuan Masalah
A.
Memahami
Langkah-langkah dalam proses Kewirausahaan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha :
1.
Tahap memulai, tahap di
mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu
yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah
membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan franchising. Juga
memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri /
manufaktur / produksi atau jasa.
2.
Tahap melaksanakan
usaha atau diringkas dengan tahap "jalan", tahap ini seorang
wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup
aspek-aspek : pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang
meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan
melakukan evaluasi.
3. Mempertahankan usaha, tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang
telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk
ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi
4. Mengembangkan usaha, tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong
positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha
menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.
Menurut Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave (1996 : 3),
proses kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi. Inovasi tersebut
dipengeruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar
pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan.
Faktor-faktor tersebut membentuk locus of control, kreativitas, keinovasian,
implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausaha yang
besar. Secara internal, keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari
individu, seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan,
pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang mempengaruhi
diantaranya model peran, aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembangan
menajdi kewirausahaan melalui proses yang dipengrauhi lingkungan, organisasi
dan keluarga (Suryana, 2001 : 34).
Secara ringkas, model
proses kewirausahaan mencakup tahap-tahap berikut (Alma, 2007 : 10 – 12) :
1.
proses inovasi
2.
proses pemicu
3.
proses pelaksanaan
4.
proses pertumbuhan
Model proses kewirausahaan
1.
Proses inovasi
beberapa faktor personal yang mendorong inovasi adalah : keinginan berprestasi , adanya sifat penasaran, keinginan menanggung resiko, faktor pendidikan dan faktor pengalaman. Adanya inovasi yaqng berasal dari diri seseorang akan mendorong dia mencari pemicu ke arah memulai usaha.
Faktor- faktor lingkungan yang mendorong inovasi adalah : adanya peluang, pengalaman dan kreativitas.
beberapa faktor personal yang mendorong inovasi adalah : keinginan berprestasi , adanya sifat penasaran, keinginan menanggung resiko, faktor pendidikan dan faktor pengalaman. Adanya inovasi yaqng berasal dari diri seseorang akan mendorong dia mencari pemicu ke arah memulai usaha.
Faktor- faktor lingkungan yang mendorong inovasi adalah : adanya peluang, pengalaman dan kreativitas.
2.
Proses pemicu
Faktor personal yang mendorong dalam artian memicu atau memaksa seseorang untuk terjun kedunia biasnis adalah :
• Adanya ketidak puasan terhadap pekerjaan yang sekarang.
• Adanya PHK atau tidak ada pekerjaan lain
• Dorongan larena faktor usia
• Keberanian menanggung resiko.
• Komitmen atau minat yang tinggi terhadap bisnis.
Faktor-faktor lingkungan yang memndorong menjadi pemicu bisnis adalah :
• Adanya persaingan dalam dunia kehidupan
• Adanya sumber-sumber yang bisa dimanfaatkan
• Mengikuti latihan-latihan atau incubator bisnis
• Kebijakan pemerintah, misalnya ada nya kemudahan-kemudahan dalam lokasi berusaha ataupun fasilitas kredit, dan bimbingan usaha.
Faktor-faktor sociologikal yang menjadi pemicu serta pelaksanaan bisnis :
• Adanya hubungan- hubungan atau relasi dengan orang lain
• Adanya tim yang dapat diajak kerjasama dalam berusaha
• Adanya dorongan dari orang tua untuk membuka usaha
• Adanya bantuan keluarga dalam berbagai kemudahahn
• Adanya pengalaman-pengalaman dalam dunia bisnis sebelumnya
Faktor personal yang mendorong dalam artian memicu atau memaksa seseorang untuk terjun kedunia biasnis adalah :
• Adanya ketidak puasan terhadap pekerjaan yang sekarang.
• Adanya PHK atau tidak ada pekerjaan lain
• Dorongan larena faktor usia
• Keberanian menanggung resiko.
• Komitmen atau minat yang tinggi terhadap bisnis.
Faktor-faktor lingkungan yang memndorong menjadi pemicu bisnis adalah :
• Adanya persaingan dalam dunia kehidupan
• Adanya sumber-sumber yang bisa dimanfaatkan
• Mengikuti latihan-latihan atau incubator bisnis
• Kebijakan pemerintah, misalnya ada nya kemudahan-kemudahan dalam lokasi berusaha ataupun fasilitas kredit, dan bimbingan usaha.
Faktor-faktor sociologikal yang menjadi pemicu serta pelaksanaan bisnis :
• Adanya hubungan- hubungan atau relasi dengan orang lain
• Adanya tim yang dapat diajak kerjasama dalam berusaha
• Adanya dorongan dari orang tua untuk membuka usaha
• Adanya bantuan keluarga dalam berbagai kemudahahn
• Adanya pengalaman-pengalaman dalam dunia bisnis sebelumnya
3.
Proses pelaksanaan
Beberapa faktor personal yang mendorong pelaksanaan dari sebuah bisnis adalah sebagai berikut:
• Adanya seorang wirausaha yang telah siap mental secara total
• Adanya manager pelaksana sebagai tangan kanan, pembantu umum
• Adanya komitmen yang tinggi terhadap bisnis
• Adan adanya Visi, pandanyan yang jauh kedepan guna mencapai keberhasilan
Beberapa faktor personal yang mendorong pelaksanaan dari sebuah bisnis adalah sebagai berikut:
• Adanya seorang wirausaha yang telah siap mental secara total
• Adanya manager pelaksana sebagai tangan kanan, pembantu umum
• Adanya komitmen yang tinggi terhadap bisnis
• Adan adanya Visi, pandanyan yang jauh kedepan guna mencapai keberhasilan
4.
Proses Pertumbuhan
Faktor pertumbuhan ini didorong oleh faktor organisasi antara lain :
• Adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha sehingga semua rencana dan pelaksanaan operasional berjalan produktif
• Adanya strategi yang mantap sebagai produk dari tim yang kompak
• Adanya struktur dan budaya orgainisasi yang mantap.
• Adanya produk yang dibanggakan, atau kualitas yang dimiliki.
Faktor lingkungan yang mendorong implementasi dan pertumbuhan bisnis adalah sebagai berikut :
• Adanya unsur persaingan yang cukuo menguntungkan. Dunia persaingan saat ini sangat kejam.
• Adanya konsumen dan pemasok barang yang kontinu
• Adanya bantuan dari pihak investor bank yang memberikan fasilitas keuangan
• Adanya sumber-sumber yang tersedia, yang masih bisa dimanfaatkan
• Adanya kebijakan pemerintah yang menunjangberupa peraturan bidang ekonomi yang menguntungkan.
Faktor pertumbuhan ini didorong oleh faktor organisasi antara lain :
• Adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha sehingga semua rencana dan pelaksanaan operasional berjalan produktif
• Adanya strategi yang mantap sebagai produk dari tim yang kompak
• Adanya struktur dan budaya orgainisasi yang mantap.
• Adanya produk yang dibanggakan, atau kualitas yang dimiliki.
Faktor lingkungan yang mendorong implementasi dan pertumbuhan bisnis adalah sebagai berikut :
• Adanya unsur persaingan yang cukuo menguntungkan. Dunia persaingan saat ini sangat kejam.
• Adanya konsumen dan pemasok barang yang kontinu
• Adanya bantuan dari pihak investor bank yang memberikan fasilitas keuangan
• Adanya sumber-sumber yang tersedia, yang masih bisa dimanfaatkan
• Adanya kebijakan pemerintah yang menunjangberupa peraturan bidang ekonomi yang menguntungkan.
Personal
attributes
David McClelland dalam bukunya The Achieving Society, menyatakan bahwa seorang wirausaha adalah seseorang yang memiliki keinginan berprestasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak berwirausaha.
Dalam suatu penelitian di Inggris menyatakan bahwa motivasi seseorang membuka bisnis adalah 50% ingin mempunyai kebebasan dengan berbisnis sendiri, hanya 18 % menyatakan ingin m,emperoleh uang dan 10% menyatakan jawaban membuka bisnis untuk kesenangan , hobi , tantangan atau kepuasan pribadi dan melakukan kreativitas.
Sedangkan penelitian di Russia 80% menyatakan mereka membuka bisnis karena ingin menjadi bos dan memperoleh otonomi serta kemerdekaan pribadi.
David McClelland dalam bukunya The Achieving Society, menyatakan bahwa seorang wirausaha adalah seseorang yang memiliki keinginan berprestasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak berwirausaha.
Dalam suatu penelitian di Inggris menyatakan bahwa motivasi seseorang membuka bisnis adalah 50% ingin mempunyai kebebasan dengan berbisnis sendiri, hanya 18 % menyatakan ingin m,emperoleh uang dan 10% menyatakan jawaban membuka bisnis untuk kesenangan , hobi , tantangan atau kepuasan pribadi dan melakukan kreativitas.
Sedangkan penelitian di Russia 80% menyatakan mereka membuka bisnis karena ingin menjadi bos dan memperoleh otonomi serta kemerdekaan pribadi.
Faktor
enveromental
Disini dijelaskan bahwa lingkungan yang banyak memiliki wirausaha akan banyak sekali menyajikan kegiatan-kegiatan wirausaha. Suasana itulah yang berpengaruh kepada warga masyarakat untuk menumbuhkan minat berwirausaha
Disini dijelaskan bahwa lingkungan yang banyak memiliki wirausaha akan banyak sekali menyajikan kegiatan-kegiatan wirausaha. Suasana itulah yang berpengaruh kepada warga masyarakat untuk menumbuhkan minat berwirausaha
Berdasarkan analisis
pustaka terkait kewirausahaan, diketahui bahwa aspek-aspek
yang perlu diperhatikan dalam melakukan wirausaha adalah :
ü mencari
peluang usaha baru : lama usaha dilakukan, dan jenis usaha yang pernah dilakukan
ü pembiayaan : pendanaan –
jumlah dan sumber-sumber dana
ü SDM : tenaga kerja
yang dipergunakan
ü kepemilikan : peran-peran dalam
pelaksanaan usaha
ü organisasi : pembagian kerja
diantara tenaga kerja yang dimiliki
ü kepemimpinan : kejujuran,
agama, tujuan jangka panjang, proses manajerial (POAC)
ü Pemasaran : lokasi dan
tempat usaha
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Proses Kewirausahaan
1.
Tahap
Memulai
2.
Tahap
Melaksanakan
3.
Tahap
Mempertahankan usaha
4.
Tahap
pengembangan usaha
Menurut Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave Proses Kewirausahaan
1. proses inovasi
- proses
pemicu
- proses
pelaksanaan
- proses
pertumbuhan
DAFTAR PUSTAKA