Tuesday, November 26, 2019

Makalah Proses Kewirausahaan


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Masalah
Semakin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik dan banyak pula orang menganggur maka semakin dirasakan pentingnya dunia wirausaha. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan pemerintah sangat terbatas. Pemerintah tidak akan mampu menggarap semua aspek pembangunan karena sangat banyak membutuhkan anggaran belanja personalia dan pengawasan.
Wirausaha ( entrepreneur) memegang peranan yang sangat pentingdalam memajukan ekonomi suatu negara. Kemajuan ekonomi mestinya sejalan dengan kemampuan dan peningkatan daya beli peningkatan tara; kesejahteraan hidup dan kemakmuran bangsa yang merata dan dirasakan secara nyata bukan hanya ditunjukkan oleh angka-angka statistik saja.
Di dalam kewirausahaan terkandung nilai kemampuan dan proses. Adanya nilai dan kemampuan pada diri seorang wirausahawan dapat memunculkan suatu peluang usaha dalam kegiatan berwirausaha. Dalam makalah ini akan membahas secara spesifik mengenai “Proses Kewirausahaan”. Makalah tentang proses kewirausahaan ini dibuat agar  pembaca dapat mengetahui bagimana proses dan tips-tips menjadi seorang pengusaha yang sukses serta untuk melengkapi tugas dari mata kuliah Kewirausahaan.

2.      Rumusan Masalah
A.    Langkah apa saja dalam proses Kewirausahaan ?

B.     Tujuan Masalah
A.    Memahami Langkah-langkah dalam proses Kewirausahaan






BAB II
PEMBAHASAN


A.    Secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha :

1.      Tahap memulai, tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan franchising. Juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri / manufaktur / produksi atau jasa.

2.      Tahap melaksanakan usaha atau diringkas dengan tahap "jalan", tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup aspek-aspek : pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi.

3.      Mempertahankan usaha, tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi

4.      Mengembangkan usaha, tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.
Menurut Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave (1996 : 3), proses kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi. Inovasi tersebut dipengeruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan. Faktor-faktor tersebut membentuk locus of control, kreativitas, keinovasian, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausaha yang besar. Secara internal, keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari individu, seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang mempengaruhi diantaranya model peran, aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembangan menajdi kewirausahaan melalui proses yang dipengrauhi lingkungan, organisasi dan keluarga (Suryana, 2001 : 34).
Secara ringkas, model proses kewirausahaan mencakup tahap-tahap berikut (Alma, 2007 : 10 – 12) :

1.                  proses inovasi
2.                  proses pemicu
3.                  proses pelaksanaan
4.                  proses pertumbuhan





Model proses kewirausahaan
1.        Proses inovasi
beberapa faktor personal yang mendorong inovasi adalah : keinginan berprestasi , adanya sifat penasaran, keinginan menanggung resiko, faktor pendidikan dan faktor pengalaman. Adanya inovasi yaqng berasal dari diri seseorang akan mendorong dia mencari pemicu ke arah memulai usaha.
Faktor- faktor lingkungan yang mendorong inovasi adalah : adanya peluang, pengalaman dan kreativitas.

2.        Proses pemicu
Faktor  personal yang mendorong  dalam artian memicu atau memaksa seseorang untuk terjun kedunia biasnis adalah :
•    Adanya ketidak puasan terhadap pekerjaan yang sekarang.
•    Adanya PHK atau tidak ada pekerjaan lain
•    Dorongan larena faktor usia
•    Keberanian menanggung resiko.
•    Komitmen atau minat yang tinggi terhadap bisnis.
Faktor-faktor lingkungan yang memndorong menjadi pemicu bisnis adalah :
•    Adanya persaingan dalam dunia kehidupan
•    Adanya sumber-sumber yang bisa dimanfaatkan
•    Mengikuti latihan-latihan atau incubator bisnis
•    Kebijakan pemerintah, misalnya ada nya kemudahan-kemudahan dalam lokasi berusaha ataupun fasilitas kredit, dan bimbingan usaha.
Faktor-faktor sociologikal yang menjadi pemicu serta pelaksanaan bisnis :
•    Adanya hubungan- hubungan atau relasi dengan orang lain
•    Adanya tim yang dapat diajak kerjasama dalam berusaha
•    Adanya dorongan dari orang tua untuk membuka usaha
•    Adanya bantuan keluarga dalam berbagai kemudahahn
•    Adanya pengalaman-pengalaman dalam dunia bisnis sebelumnya

3.        Proses pelaksanaan
Beberapa faktor personal yang mendorong pelaksanaan dari sebuah bisnis adalah sebagai berikut:
•    Adanya seorang wirausaha yang telah siap mental secara total
•    Adanya manager pelaksana sebagai tangan kanan, pembantu umum
•    Adanya komitmen yang tinggi terhadap bisnis
•    Adan adanya Visi, pandanyan yang jauh kedepan guna mencapai keberhasilan

4.        Proses Pertumbuhan
Faktor pertumbuhan ini didorong oleh faktor organisasi antara lain :
•    Adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha sehingga semua rencana dan pelaksanaan operasional berjalan produktif
•    Adanya  strategi yang mantap sebagai produk dari tim yang kompak
•    Adanya struktur dan budaya orgainisasi yang mantap.
•    Adanya produk yang dibanggakan, atau kualitas yang dimiliki.
Faktor  lingkungan yang mendorong implementasi dan pertumbuhan bisnis adalah sebagai berikut :
•    Adanya unsur persaingan yang cukuo menguntungkan. Dunia persaingan saat ini sangat kejam.
•    Adanya konsumen dan pemasok barang yang kontinu
•    Adanya bantuan dari pihak investor bank yang memberikan fasilitas keuangan
•    Adanya sumber-sumber yang tersedia, yang masih bisa dimanfaatkan
•    Adanya kebijakan pemerintah yang menunjangberupa peraturan bidang ekonomi yang menguntungkan.


Personal attributes
David McClelland dalam bukunya The Achieving Society, menyatakan bahwa seorang wirausaha adalah seseorang yang memiliki keinginan berprestasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak berwirausaha.
Dalam suatu penelitian di Inggris menyatakan bahwa motivasi seseorang membuka bisnis adalah  50% ingin mempunyai kebebasan dengan berbisnis sendiri, hanya 18 % menyatakan ingin m,emperoleh uang dan 10% menyatakan jawaban membuka bisnis untuk kesenangan , hobi , tantangan atau kepuasan pribadi dan melakukan kreativitas.
Sedangkan penelitian di Russia 80% menyatakan mereka membuka bisnis karena ingin menjadi bos dan memperoleh otonomi serta kemerdekaan pribadi.
Faktor enveromental
Disini dijelaskan bahwa lingkungan yang banyak memiliki wirausaha akan banyak sekali menyajikan kegiatan-kegiatan wirausaha. Suasana itulah yang berpengaruh kepada warga masyarakat untuk menumbuhkan minat berwirausaha
Berdasarkan analisis pustaka terkait kewirausahaan, diketahui bahwa aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan wirausaha adalah :

ü  mencari peluang usaha baru : lama usaha dilakukan, dan jenis usaha yang pernah dilakukan
ü  pembiayaan : pendanaan – jumlah dan sumber-sumber dana
ü  SDM : tenaga kerja yang dipergunakan
ü  kepemilikan : peran-peran dalam pelaksanaan usaha
ü  organisasi : pembagian kerja diantara tenaga kerja yang dimiliki
ü  kepemimpinan : kejujuran, agama, tujuan jangka panjang, proses manajerial (POAC)
ü  Pemasaran : lokasi dan tempat usaha


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan

Proses Kewirausahaan
1.      Tahap Memulai
2.      Tahap Melaksanakan
3.      Tahap Mempertahankan usaha
4.      Tahap pengembangan usaha

Menurut Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave Proses Kewirausahaan
1.      proses inovasi
  1. proses pemicu
  2. proses pelaksanaan
  3. proses pertumbuhan



DAFTAR PUSTAKA



Makalah Media komunikasi

BAB   I PENDAHULUAN A.    Latar belakang Dalam kehidupan manusia tidak lepas dari komunikasi  baik itu perorangan atau kelompok. Hal...